sebenarnya dah lama seh pengen nulis ini. hal yang melatarbelakangi apalagi kalo ngg' karena perbedaan pemikiran antara aq ma female-ku. dari dulu.., tiap kali aq suka ke suatu lagu pasti kena komentar pedas. "knapa seh harus lagu ini.?!", "kok liriknya gitu.?!" (yang pasti bukan "dia banget"), dll. begitu sebaliknya., tiap kali dia nunjukin lagu favoritnya for recently time. pasti deh bisa ketebak pasti liriknya yang "dia banget"..:p. dari situ bisa dibilang kalo musik (arrangement .red) dinomor dua-kan..hiks.

pada dasarnya mana seh yang paling menonjol dari sebuah lagu?. apa yang menjadi point penting dari sebuah musik, apakah liriknya atau arrangement dari musiknya?, mana seh yang paling dominan memikat pikiran seseorang sampai dia brani mengambil kesimpulan "ya., aq suka lagu ini."? hmm., susah juga seh jawabnya. karena keduanya saling melengkapi, tapi pasti ada 1 yang harus ditonjolkan dan yang laen adalah pendukungnya ajah. Pada kenyataannya perbedaan ini samar coz sangat bergantung dengan point of view dari penerimanya. Klo menurutku dalam proses membuat sebuah lagu, keduanya g bisa berjalan secara bersamaan. Coz suatu lirik tetep harus disesuaikan dengan ciri dan arrangement dari lagunya. G asal naruh lirik di sebuah susunan arrangement lagu yang dah kita buat. Lirik punya soul, begitu juga dengan arragement lagunya itu sendiri. Terlepas dari cocok g cocok, itu smua bisa "dipaksakan" tergantung kreatifitas pembuat lagu itu. Bagaimana dia bisa tetep konsisten membawa soul sebuah liriknya kedalam balutan arrangement lagu. Jika kamu berhasil melakukan itu, alhasil smua pasti bisa diterima. G pandang seberapa melownya lirikmu ato seberapa simple lirikmu, g pandang seberapa rumitnya alunan musikmu ato sesimple apa chordmu..:).

Contoh nih menurutku., lagu "Balonku ada lima.." (g ngerti judulnya..:p) adalah salah satu lagu yang lebih condong ke "arrangement hegemony" kekeke... dimana kesalahan dan kelogisan liriknya diacuhkan sampai sekarang. Tapi lagu itu bisa tetep exist, karena memang dia dibuat berdasar pada bagaimana menyusun sebuah alunan ato runtutan tone yang simple dan yang mudah ditiru (lirik jadi not priority disini). Sedangkan lagu" yg menganut "autocracy of lyrics" g perlu disebutkan coz rata" lagu" top40 yg beredar skrg sebagian besar kesitu..:D. Aq g akan mengambil banyak contoh lagu disini coz this just my opinion dari berbagai musik yang pernah aku denger dan pandangan" tmn"ku yang pernah masuk dalam pikiranku tentang musik ato lagu yang mereka denger.


Top Artists on my sound: Jason Mraz and Jamie Cullum (surely...:p), Silverchair, Hugh Grant..:D, James Carrington, Snow Patrol, dan Radja.. (gubrak..!!!! hahahaaa....)