Hmm., inilah satu"nya sinetron Ramadhan yang aq ikutin. Sinetron yang menemani mulai dari nyiapin saur sampain dengan menunggu adzan Subuh. Ringan, Lucu, Cantik, Manis, dan pastinya penuh Ilmu Agama. Dan pastinya ada pelajaran/hikmah yang ingin disampaikan di setiap episode penayangannya.

Dan beberapa hari yang lalu tiba di episode dimana beberapa hari lagi istri dari Asrul akan melahirkan anak ke-empatnya. Hidup miskin, penuh perjuangan dan ketabahan. Itulah yang dilakukan Asrul sebagai kepala rumah tangga dalam kegiatan kesehariannya. Dan kali itu tiba waktunya dia berwasiat kepada ketiga anaknya yang mendapat bantuan biaya sekolah dari Pak Jalal.

Ingatlah anak-anakku, ingatlah bahwa seberat-beratnya hidup yang akan kalian hadapi nanti, hanya jadikanlah selalu Allah sebagai tempat memohon pertolongan. Jangan pernah ada yang lain. Menangislah di sholat tahajudmu, adukanlah semua kepada Allah SWT. Karena tangisan dan doa-doa orang fakir miskin dan anak yatim akan menggetarkan arsy di langit sana. Hanya itu wasiat yang bisa bapak berikan kepada kalian.

Dan pada kesempatan yang sama, pelajaran lain yang disampaikan adalah melalui dialog singkat yang keluar dari Azam kepada Asrul ketika mengantarkan uang titipan dari Bang Jack untuk biaya istrinya melahirkan.


Rasulullah saw pernah bersabda, "Ada tiga golongan manusia kelak di hari kiamat, Allah tidak akan mengampuni dosanya, tidak akan merahmatinya, bagi mereka disediakan siksa yang amat pedih, yaitu pertama adalah orang tua yang berzina, pemimpin yang berdusta, dan orang miskin yang sombong."


Hmm., nambahin juga dari episode tadi pagi (bonus). Diambil dari potongan dialog nasehat Bang Jack ke Saha yang marah kepada Allah atas kematian adik tersayangnya.

"Sebesar-besarnya amarahmu tidak akan mengurangi sedikitpun keagungan Allah SWT."

Yah, mungkin itu dulu. Mungkin ada dari temen" yang sempet merekam dalam ingatan tentang hikmah" ato pelajaran dari sinetron PPT ini. Silahkan. Smoga bermanfaat bagi kita semua. Selamat berpuasa... bentar lagi mudik.. hehehee..