Kemaren malam, tiba-tiba dapet pertanyaan yang agak berat..:p. “Dit, kalo km ditanya gini jawabnya apa?, kalo kamu dah nikah ntar dan punya anak, lebih cinta mana: anak atau istri?, ato lebih milih mana: istri atau anak?”. Wew.., hmm.. IMHO kedua object itu g cocok dipasangkan sebagai object pilihan. Coz jika begitu brarti diantara anak dan istri terdapat separator. Keduanya adalah satu kesatuan yang mengikat dalam sebuah keluarga dengan unsur-unsur didalamnya suami, istri dan anak. Tapi aq g sepenuhnya menolak maksud pertanyaan itu, coz ternyata menurut dia memang ada yang memberi jawaban memilih anak; yang berarti lebih penting anak daripada istri dan secara g langsung posisi istri (dalam hal ini cewek) akan sedikit terancam. Ya..ya.. I’ve got the point. Jadi permasalahannya mungkin ada ketakutan dari si cewek kalo ntar dia punya anak, perhatian, kasih sayang dan sejenisnya dari suami akan berkurang. Hihihiii..cuman bisa senyum aja kalo ini..:p.

Hmm., sebenernya ketika kita ngomongin pilihan anak atau istri, kita telah berbicara pada kualitas mindset yang berbeda, bukan pada kuantitas kasih sayang atau cinta. Jangan disamakan perhatian, kasih sayang dan cinta ke anak dengan ke istri. Sebelum membahas ke situ, perlu diliat dulu konsep awalnya. Bahwa kita mencari calon istri dan memutuskan menikah dengannya sebenernya kaya’ apa seh. Bahwa kita pasti mencari calon istri yang bisa saling mengerti satu sama laen (kelemahan dan kelebihan), bisa saling menyayangi, cinta. Tuh tadi common reason lah.., tp sebenernya dibalik itu adalah agar kita nantinya bisa saling bertukar pikiran, berkomunikasi dengan baek, berdiskusi, mau saling mengkoreksi dan bekerjasama dalam koridor pernikahan. Tugas bersama adalah tetap mempertahankan itu smua, cinta dan kasih sayang masih didalamnya. Nah kemudian apa yang terjadi ketika ada kehadiran seorang anak didalamnya?, ya tentunya 2 point (cinta dan kasih sayang) tadi masih ada tetapi sekarang character mindsetnya agak digeser bahwa 2 point itu lebih ditekankan pada konteks collaboration, saling membantu bersama-sama membuat fondasi yang lebih kuat lagi. Karena domainnya dah bertambah dengan adanya anak. Bukan untuk mereka aja, tapi untuk anak”nya kelak. Jadi inget pernah ada temen yang berkata ke aq, “Nikah tuh g bisa modal cinta aja dit, karena didalam pernikahan yang ada adalah kerjasama. Jadi kalo ada yang bilang aku menikah ma kamu karena aku cinta ma kamu. Tuh cupu bangeeett…”. Ya..ya.. kalo itu agree lah. Hehehee., kadang dalam hati menyanggah jg seh, gini “ya gpp no, toh gimana kita mo kerjasama kalo ngg’ ma orang yang kita cintai..:p” . So, g ada yang perlu dipilih karena konteksnya dah beda antara sebelum dan sesudah ada kehadiran anak.

Jadi gini aja biar imbang dan g ada yang ngerasa dirugikan, ketika belum punya anak: “Sayang istri.”. Dan ketika dah ada anak: “Sayang anak dan makin sayang istri.”. Tapi ntar disanggah lagi sang istri, nah tuh sekarang sayangnya dibagi coz ada kata-kata “dan” didalamnya. Ya dah tinggal dirubah: “Sayang anak. Makin Sayang istri.”. Beres toh.?!, kalo belum trima, ya udah cari istri laen lagi aja..:p. (yang ini jangan ditiru.. hahahahaa).